M. JAMU NYONYA MENEER

Museum Jamu Nyonya Meneer
Dibangun pada tanggal 18 Januari 1984 dan terletak di Jl. Kaligawe Km 4, Telp : (024) 582529 Semarang. Di Museum ini tersimpan beberapa koleksi peralatan ( tradisional dan modern ) dan juga bermacam- macam tumbuhan untuk membuat jamu. Museum jamu nyonya meneer terbuka untuk umum mulai pukul 10.00-15.30 WIB, mulai hari Senin-jumat, (sabtu dan minggu tutup). Wisatawan yang berjumlah lebih dari 25 orang dimohon pemberitahuan 1 minggu sebelumnya.

Musaeum ini didirikan Sebagai pusat informasi, promosi dan sebagai media untuk melestarikan warisan budaya tradisional, tentang jamu yang berkhasiat dimana semua bahannya didapat dari tanah air kita sendiri. Museum Nyonya Meneer menyimpan berbagai koleksi benda budaya tentang jamu, serta koleksi pribadi Nyonya Meneer, yang berupa foto – foto dan sejarah cara pembuatan jamu , dengan menggunakan alat-alat tradisional ( lumping, alu., pepesan, cuwo, panel dan bothekan / tempat menyimpan resep asli ramuan jamu ).
Museum dibuka setiap hari senin sampai jumat pada jam 10.00 sampai 15.30 , sabtu dan minggu tutup. Di sini penguinjung tidak dipungut biaya,selain itu pengunjung dapat menyaksikan pemutaran slide tentang tata cara proses pembuatan jamu serta dapat mencoba serbat jamu Nyonya Meneer.